#ExploreMalang, Part 3 -- Pantai Clungup (Gatra) & Ngantep


"One of the best remedy for depressions."
January 21st 2015, 10:59 a.m.


Hai!
Woah, dari kemaren kayaknya blog gue isinya puisi-puisi mulu, sajak mulu, cinta melulu. Sekarang gue mau isi blog gue dengan konten yang lebih berbobot, sekalian mau membanggakan juga mau ngasih salah satu rekomendasi tempat wisata dari gue buat temen-temen (atau siapapun Anda yang lagi baca ini) yang mau berlibur di Malang.

.....

"Yaudah hari ini kita ke Ngantep aja dulu, nginep di Ngantep deh kan ada penginapannya tuh, paginya baru deh ke Clungup. Keburu lah, sama-sama pantai selatan ini kan."

Begini lah gue dan temen-temen gue merencanakan awal liburan semester ini. Pas abis selesai UAS terakhir, tgl 20 Januari 2015, gue dan temen-temen gue pergi setelah mempersiapkan semuanya. Ya, emang ga langsung sih, biasa deh "penyakit" mahasiswa metropolitan jaman sekarang. Setelah makan siang, packing, dan melakukan kegiatan-yang-lainnya, sekitar jam setengah 3 sore kita baru memulai perjalanan.

Yap, lagi-lagi perjalanan liburan kali ini ditemani dengan yang namanya hujan, walaupun ga sederes waktu perjalanan gue ke Bromo waktu itu sih. Setelah berhenti di salah satu supermarket mini kesayangan gue, berhenti di salah satu masjid di entah-gue-gatau-lokasinya-dimana untuk sholat ashar, dan pergantian anggota penumpang mobil (?), kami melanjutkan perjalanan~

Pantai Ngantep berlokasi di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Iya, salah satu dari berbagai macam pantai Malang Selatan. Perjalanan menuju pantai Ngantep sama aja kayak ke arah pantai Balekambang, persis, cuman nanti ada arahan tersendiri belok ke kiri ke jalanan makadam (jalanan berbatu gitu), kira-kira pintu masuknya masih 3,5 km lagi dari petunjuk jalan tersebut. Yap, karena hujan tadi itu, jalanan makadam yang mesti kita tempuh jadi berlumpur. Karena emang jalanannya masih tanah dan bebatuan, bukan aspal. Untung bukan mobil pribadi... #eh.

Daaaan kami akhirnya sampai di Pantai Ngantep sekitar jam setengah 6an. Pantainya bagus sih, ada tebingnya, ada goanya juga, cuman karena mendung, gue memutuskan buat ga foto-foto pake kamera. Hasilnya juga ga bakal optimal. Hyuft.
Pantai Religi Ngantep, Desa Tumpakrejo, Malang
January 20th 2015, 17:48 p.m.

Disini juga salah satu tempat yang bagus buat ngeliat sunset, tapi sekali lagi, ya, mendung. Matahari yang ingin terbenam terhalang oleh awan abu-abu. Gue juga ga berani memutuskan buat ke tebing, walaupun fotonya pasti keren kalo diambil dari situ, soalnya serem sih, udah hampir gelap juga. Hyuft (2).
"Seperti lukisan, bukan?";
Pantai Religi Ngantep, Desa Tumpakrejo, Malang
January 20th 2015, 17:49 p.m.
"Ini dia orang-orang super yang ikut liburan!"
January 20th 2015, 17:53 p.m.

Setelah pertimbangan dari berbagai pihak, kami akhirnya memutuskan buat nginep di penginapannya aja, dari pada nginep di mobil. Lumayan lho penginapannya, bersih, dapet sumber listrik juga, lumayan deh buat ngecharge :3

Yap, setelah menghabiskan waktu semalaman dengan main, ngobrol, dan sempet ada "insiden" juga; lalu dari jam setengah 5 pagi dengan proses ibadah, ngebangunin-anak-anak-orang-susahnya-minta-ampun, bayar penginapan, dsb, akhirnya sekitar jam 6an kita melakukan perjalanan selanjutnya ke Clungup!

Nah, kalo Pantai Clungup ini berlokasi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Akses kesini katanya sih ada 2, bisa lewat arah TPI (belokan ke sendang biru), atau lewat Pantai Goa Cina. Gue kira emang Pantai Ngantep sama Clungup deket, taunya...... beda arah dan lumayan jauh. Syed dha, padahal sama-sama pantai malang selatan. Bzz.

Yang gue tau sebenernya bisa sih dan emang ada jalan pintasnya dari arah Pantai Ngantep ke Pantai Goa Cina, tapi karena ngelewatin jalanan makadam yang gue kira terlalu beresiko buat mobil, akhirnya gw diem aja dan membiarkan Aufar memutar jalan ke arah Pantai Goa Cina melewati jalan aspal yang lebih aman... (wqwq iya emang gue jahat, tapikan demi keselamatan bersama ya gak sist..).

Tapi ga ada penyesalan kok, sepanjang jalan ke goa cina disajiin sama pemandangan Kabupaten Malang yang... "Masya Allah, gue udah sering lewat sini tapi sampe sekarang engga pernah bosen liatnya". Ditambah lagi dengan ngeliat pemandangan gunung dengan kabut khasnya saat pagi, udara sejuk & segar pula...
Well, sekitaran jam setengah 9 pagi kami sampai dipertigaan GoaCina-TPI-Malang. Setelah ditanya warga sekitar, ternyata bener firasat gue kalo Clungup lewat arah TPI wkwk #gakpentingabiz.
Belum dihitung perjalanan menuju pantainya yang "kata orang" bisa setengah hingga sejam, Farhan kepikiran takut ketinggalan kereta, makanya doi dan Shafira memilih buat pulang duluan. ~

Lupakan 2 orang super yang punya deadline harus pulang hari itu, kami tetep ngelanjutin perjalanan! Yeaaaah! Dari TPI, ternyata jalan ke Pantai Clungup itu masuk gang kecil men, yang engga muat buat masuk mobil, jadinya kita mesti parkir di rumah warga. Hati-hati, kalo ketemu orang yang salah bisa dijadiin objek dan bayar parkir 20rb loh. :P

Aaaand yup! Pantai Clungup ini belum dibikin jalanan yang bagus, maklum deh belum banyak dikunjungin orang. Kami harus menanjak, menelusuri hutan yang lagi dibikin warga akses jalan menuju Pantai (katanya sih kira-kira 5 bulan lg udah jadi!), menelusuri jalan yang disampingnya jurang, melewati rawa-rawa, menyebrangi wilayah konservasi hutan Mangroove (kebetulan pas kita ngelewatin situ lagi pasang, makanya ada airnya dan kita mesti nyebrang, padahal kalo siang mah terik banget zumpah. kayak di padang pasir. zeriuz), melewati muara-yang-belum-ada-namanya-lalu-kita-namakan-Muara-Talam, menanjak lagi menelusuri jalan yang disampingnya itu jurang tapi bawahnya muara (tolong anggap saja kalian mengerti..) daaan sampai di pantai tujuan!
"Ini hutan-entah-apa yang mesti dilewatin menuju pantai" ~
January 21st 2015, 09:36 a.m.
"Yang penting foto doeloe~"
January 21st 2015, 09:35 a.m.
"Sungainya kering";
January 21st 2015, 09:35 a.m.
"Wilayah Konservasi Mangroove Clungup"
January 21st 2015, 09:58 a.m.
"We named it: Muara Talam!"
January 21st 2015, 10:02 a.m.

AND YES; Pantainya emang bener-bener indah, kayak masih belum terjamah.
The color of its water is crystal blue.
Jernih banget.
Bagus banget.
Luar biasa banget.

Oke yang diatas agak lebay wk.
Hamdalah, gw masih dikasih kesempatan sama Tuhan buat ngeliat salah satu ciptaannya lagi yang ajaib kayak gitu. Kalo emang orang-orang berpendapat bahwasanya pantai ini "Raja Ampat-nya Malang", gue pun ga ada argumen buat menolak pendapat tersebut. 'cause the beach is so magnificent, indeed.
Pantai Clungup;
Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
January 21st 2015, 11:11 a.m.


"Aaah! Ga sia-sia dah jalan capek-capek jauh-jauh tapi kalo pantainya kayak gini mah ya kebayar semua lah!" - Dhanuari Indra B.


January 21st 2015, 10:54 a.m.

"Ih pantainya kayak gabungan Laguna Segara Anakan Sempu sama Pantai Ngliyep." - Laurensia Clara S.

"I feel like the beach is whispering: come on, play with me"
January 21st 2015, 10:55 a.m.
January 21st 2015, 11:21 a.m.

Disini, karena hal ini, gue inget lagi. Emang keputusan gue buat kuliah di Malang berat. Ninggalin jauh orang-orang yang biasanya selalu gue denger suaranya, ninggalin temen-temen dan sahabat dimana kalo gue lagi butuh ya tinggal samperin. Tapi, keputusan berat itu juga mendatangkan lebih beragam pengalaman, lebih banyak kenalan serta teman, lebih bermacam-macam hal bisa gue ceritakan. Hamdalah. :)
"WE ALREADY BEEN HERE, BITCHES! And here's some kisses from us!"
January 21st 2015, 10:33 a.m.



xoxo


0 Comments:

Post a Comment