, ,

the thought about leaving

image source: tumblr


Jarak.

Mungkin bagi sebagian orang sebuah kata jarak tuh ga ada apa-apanya, 
tapi bagi sebagian yang lain.. beda. 

Beda pula, antara yang ditinggalkan dan yang meninggalkan. 
Mungkin lebih parah ketakutan bagi yang ditinggalkan, ya.. tapi sebenarnya pihak yang meninggalkan juga punya ketakutan tersendiri.

----

Gue udah kira-kira satu bulan ninggalin banyak hal di kota sebrang sana, yang perjalanannya lebih dari 600km dari tempat gue berada sekarang.
Gue kira jadi pihak yang ditinggalkan lah yang punya ketakutan buat “dilupakan”, 
wah, ternyata itu juga berlaku buat pihak yang meninggalkan, khususnya perantau pemula.

Ya, emang, bulan pertama bagi perantau pemula itu gaenak. Banget. 
Rasanya pengen pulang.. selalu pengen pulang. 
Kangen rumah, kangen kamar, kangen temen-temen. 

Lebih tepatnya, kangen suasana yang “biasanya”. 
Karena bagi perantau harus beradaptasi lagi dengan lingkungan baru, otomatis punya suasanya yang berbeda pula. Istilahnya, keluar dari zona nyaman.

Takut. 

Bagi perantau pemula cewe, mungkin ini jadi nomor satu di list “efek rantauan”. 
Takut ga bisa beradaptasi sama lingkungan baru, takut hanya jarang bisa pulang, dan lain-lain.

Bagi gue, 
gue ga takut buat dapet dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang lain, 
gue ga takut buat mengenal orang-orang baru, 
gue ga takut buat meninggalkan, 

tapi gue takutin justru orang-orang yang gue tinggalkan disebrang sana lah yang akan terbiasa dengan ketidakhadiran gue sehingga gue bakal ngerasa asing saat bertemu mereka. 

Dan jujur, itu jadi ketakutan nomor satu gue sekarang ini.

0 Comments:

Post a Comment