because she doesn't know to who she should talk to



"because despite what she tells everyone else, she's not fine. she's not fine at all."

Terkadang, gadis ini ingin sekali berkata jujur tentang semua yang ada difikirannya, gadis ini ingin mengeluarkan semua apa yang (sebenarnya) ingin ia ucapkan agar tidak membohongi diri sendiri. Namun, terkadang, gadis ini juga berfikir bahwa ia tidak ingin membuat keadaan menjadi sulit. Ia juga tidak mau membebani orang lain. Setiap orang sudah punya masalah sendiri, tidak perlu ia tambahkan dengan menceritakan tentang masalahnya kepada orang lain.

Terlebih pula... kadang gadis itu berfikir, kalaupun memang ia bercerita, apakah mereka akan mengerti? mungkin mereka akan mendengarkan, bahkan memberi saran; tapi apakah mereka benar-benar peduli? toh, ini kan bukan masalah mereka.

Ia kecewa, bahkan pada dirinya sendiri. Kenapa ia terus-menerus memilih untuk berbohong pada dirinya sendiri. Kenapa ia terus mengatakan tidak apa-apa padahal sebenarnya ia tidak rela. Kenapa ia terus menyakiti batinnya sendiri hanya karena ia tidak ingin membuat orang khawatir akan perasaannya. 

Kalau ia ingin marah, kalau ia ingin membalas rasa kekecewaannya, ia bisa melakukannya dari dulu; tapi ia tidak memilih (well, lebih tepatnya tidak akan memilih) untuk melakukannya. Ia tidak ingin menambahkan beban fikiran kepada seseorang, karena ia (sangat) mengerti keadaan seseorang tersebut. Ia selalu berfikir kalau semuanya akan baik-baik saja pada akhirnya. Ia selalu mengatakan pada dirinya sendiri jika ia terus bersabar, ia akan mendapatkan hikmahnya.

Ironis bagaimana ia menyarankan kepada orang lain untuk tersenyum padahal ia tidak tahu apakah senyum diwajahnya sendiri itu murni atau tidak. Bagaimana ia bersikap dan menyarankan hal yang bijaksana kepada orang lain padahal dirinya sendirilah yang bahkan takut untuk menerapkan saran tersebut jika ia mempunyai masalah yang sama. Bagaimana ia menyemangati orang-orang padahal dirinya sendirilah yang butuh semangat dari orang lain. 

Karena ternyata, lebih sulit untuk menyemangati diri sendiri dibanding menyemangati orang lain.

0 Comments:

Post a Comment